Laman

HARTATI DIDUGA MENYUAP UNTUK JEGAL BISNIS ANAK AYIN *** DUA ANAK BUAH HARTATI MURDAYA TERANCAM LIMA TAHUN PENJARA *** ATURAN RSBI HARUS LEBIH RASIONAL DAN REALISTIS *** WASPADA, BANYAK JAMU DICAMPUR BAHAN KIMIA OBAT! *** BNPT: 86 % MAHASISWA DI 5 UNIVERSITAS TENAR DI JAWA TOLAK PANCASILA *** BNPB ALOKASIKAN RP80 MILIAR UNTUK PENANGGULANGAN KEKERINGAN ***

Selasa, 03 Mei 2011

ADD Tahun 2011 Tahap I Diserahkan Secara Simbolis

CILACAP, ReALITA Online — Wakil Bupati Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Tatto S Pamuji menyerahkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama sebesar Rp.16,45 milyar secara simbolis dari total Rp. 32,97 milyar ADD tahun 2011 kepada para kepala desa, Senin, (2/5/2011). Penyerahan dana tersebut dilaksanakan di Balai Desa Adipala Kecamatan Adipala disaksikan oleh Ketua DPRD setempat, H Fran Lukman, S.Sos.

Tato S Pamuji dalam sambutannya mengatakan, pihaknya meminta Pemdes dengan rakyat dituntut meningkatkan kreativitas menuju kemandirian. Sehingga desa tidak tergantung pada Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemkab. Dia pun meminta Pemerintah Desa (Pemdes) menggali potensi di desanya masing-masing guna menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) agar rakyat dapat meningkatkan pembangunan desa. Hal tersebut dapat terwujud, tegas dia, jika Pemdes dan masyarakat bersinergi.

Besarnya ADD 2011 mengalami peningkatan dari ADD tahun 2010 yang diterima oleh masing-masing desa walaupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cilacap mengalami penurunan. Seperti diketahui bahwa ADD tahun 2010 hanya sebesar 115 juta per desa, tetapi untuk tahun 2011, besar ADD dilaksanakan secara proporsional tergantung jumlah Kepala Keluarga (KK), jumlah KK miskin, luas wilayah dan kemampuan pendapatan dan pengelolaan asli desa setempat. Sehingga kategori desa mampu menerima sebesar Rp.115 juta, desa sedang Rp.120 juta dan desa kurang mampu Rp.125 juta.

Wakil Bupati Pamuji menegaskan, besarnya ADD 2011 berdasarkan Perda Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan disesuaikan dengan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPB) 2011 Kabupaten Cilacap.

Para Kepala Desa, Ketua BPD, dan segenap Camat dari 8 kecamatan di Kabupaten Cilacap , yaitu Kecamatan Nusawungu, Binangun, Kroya, Adipala, Maos, Sampang, Kesugihan dan Jeruklegi. Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) dan Kepala Dinas terkait juga tampak dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan itu, Camat Adipala, Budi Santoso, S.Sos, mohon kepada Bupati Cilacap agar penyaluran dan realisasi dana ADD 2011 tepat waktu supaya Pemdes dalam melaksanakan program tidak terhambat.

Kepala Desa Bajarwaru, Sarno MS mewakili Kecamatan Nusawungu dan Kades Pagubugan Wetan Sugianto, S.Sos, mewakili Kecamatan Binangun yang menerima penyerahan secara simbolis tersebut dana secara langsung dari Wakil Bupati Cilacap.

Adapun penyaluran ADD tersebut direalisas ikan melalui rekening desa bersangkutan di PD BPR BKK Cilacap Tengah (bank milik Pemda Cilacap) yang telah mempunyai cabang tersebar setiap kecamatan untuk memudahkan pelayanan penarikan dana ADD 2011. Adapun mekanismenya harus mendapat rekomendasi dari Camat terlebih dahulu. Sudirin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar