Laman

HARTATI DIDUGA MENYUAP UNTUK JEGAL BISNIS ANAK AYIN *** DUA ANAK BUAH HARTATI MURDAYA TERANCAM LIMA TAHUN PENJARA *** ATURAN RSBI HARUS LEBIH RASIONAL DAN REALISTIS *** WASPADA, BANYAK JAMU DICAMPUR BAHAN KIMIA OBAT! *** BNPT: 86 % MAHASISWA DI 5 UNIVERSITAS TENAR DI JAWA TOLAK PANCASILA *** BNPB ALOKASIKAN RP80 MILIAR UNTUK PENANGGULANGAN KEKERINGAN ***

Sabtu, 21 Mei 2011

Christine Lagarde, Calon Kuat Bos Baru IMF

WASHINGTON, ReALITA Online — Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde muncul sebagai pilihan Eropa untuk memimpin IMF. Dengan majunya Lagarde ini, calon asal Turki Kemal Dervis otomatis menjadi tersingkir.

IMF sendiri telah dipimpin oleh orang Eropa sejak tahun 1946. Analis menyebut Lagarde berpeluang besar untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn sebagai managing director IMF, setelah Strauss-Kahn mengundurkan diri untuk menghadapi kasus kekerasan seksual di New York.

Lagarde praktis bisa ikut sebagai kandidat Uni Eropa untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn sebagai Direktur Pelaksana IMF. "Dia front runner pada tahap ini, namun lomba belum dimulai," kata mantan ekonom IMF Michael Mussa, yang sekarang di Peterson Institute for International Economics seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (21/5/2011).

Sementara itu ekonom Turki yang sangat dihormati dan juga mantan Kepala Program Pembangunan PBB Kemal Dervis dikesampingkan pencalonannya dengan majunya Lagarde ini. Padahal Dervis telah diterima secara luas dan dianggap sebagai kandidat yang baik untuk negara berkembang dan Uni Eropa.

"Saya belum, dan tidak akan menjadi seorang calon. Saya sepenuhnya terlibat dalam, senang dengan, dan terfokus pada kerja global saya di Brookings Institution dan berharap untuk melanjutkan penelitian saya dan kerja kebijakan, termasuk bekerja di Turki," ia mengatakan dalam sebuah pernyataannya.

Muncul kekuatan ekonomi negara berkembang seperti China, India dan Brasil yang menyerukan untuk mengakhiri dominasi Eropa pada posisi kunci di IMF. IMF sendiri akan memilih pengganti Strauss-Kahn sebagai managing director IMF yang baru pada 30 Juni 2011 mendatang. okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar