Laman

HARTATI DIDUGA MENYUAP UNTUK JEGAL BISNIS ANAK AYIN *** DUA ANAK BUAH HARTATI MURDAYA TERANCAM LIMA TAHUN PENJARA *** ATURAN RSBI HARUS LEBIH RASIONAL DAN REALISTIS *** WASPADA, BANYAK JAMU DICAMPUR BAHAN KIMIA OBAT! *** BNPT: 86 % MAHASISWA DI 5 UNIVERSITAS TENAR DI JAWA TOLAK PANCASILA *** BNPB ALOKASIKAN RP80 MILIAR UNTUK PENANGGULANGAN KEKERINGAN ***

Sabtu, 07 Mei 2011

Pesawat Merpati Jatuh di Papua, 27 Tewas

JAKARTA, ReALITA Online — Pesawat maskapai Merpati Nusantara Airlines jenis MA 60 jatuh sekitar pukul 14.00 WIT di laut dekat Bandara Utarung Kaimana, Papua Barat, dan mengakibatkan 27 penumpang termasuk pilot tewas seketika.

"Ini masih sementara dievakuasi, nanti saya kasih infonya sebentar," kata Kapolres Kaimana, Ajun Komisaris Besar Antonius Wantri Julianto, Sabtu, (7/5/2011).

Menurut saksi mata, pesawat Merpati MA-60 sempat berputar-putar selama kurang lebih 15 menit di atas langit Kaimana sebelum akhirnya jatuh ke laut. "Kita belum tahu apakah karena cuaca buruk tadi atau bukan, belum ada pemeriksaan," ujarnya.

Saat ini, kata Kapolres, masih dilakukan pencarian korban. Dari seluruh penumpang, 15 ditemukan tewas. "Tim SAR masih melakukan penyisiran," katanya.

Sementara itu, Dirut Merpati Sardjono Jhony mengatakan, pesawat Merpati MA 60 yang jatuh di Teluk Kaimana, Papua, membawa 21 Penumpang dan nasibnya hingga kini belum diketahui.

"Kita sedang kumpulkan data sejam yang lalu. Tim SAR sudah meluncur ke lokasi dan kita masih menunggu data dari sana," katanya.

Kapuskom Publik Kemenhub Bambang S Ervan mengatakan pesawat dalam penerbangan dari Sorong, itu membawa penumpang yang terdiri dari18 orang dewasa, 2 anak dan 1 bayi. Ketika hendak mendarat di lapangan udara Kaimana, cuaca mendadak menjadi buruk.

"Untuk pilot dan co-pilotnya ada dua, teknisi dua orang. Sedangkan pramugari kita belum tahu," ungkapnya.

Tim SAR Temukan Potongan Tangan

Jenazah 15 penumpang pesawat Merpati jenis MA 60 yang jatuh di Teluk Kaimena, Papua Barat, sudah dibawa ke Puskesmas terdekat. Dalam pencarian berikutnya Tim SAR menemukan potongan tangan yang diduga anggota tubuh salah satu penumpang.

“Sementara kami baru dapat satu potongan lengan milik perempuan. Ya ini setelah temuan 15 orang korban,” kata Herman Gunawan, anggota Tim SAR TNI AL, Sabtu (7/5/2011).

Selain potongan tangan, lanjut dia, tim juga menemukan beberapa serpihan pesawat. “Ada kursi dan serpihan kabin-kabin bagian dalam pesawat,” imbuhnya.

Pesawat tujuan Sorong Kaimana ini jatuh 500 meter sebelum mendarat di bandara Kaimana. Penyebab kecelakaan diduga akibat cuaca buruk, lantara saat itu di lokasi kejadian tengah diguyur hujan lebat dan kabut diselimuti kabut tebal. “Pencarian sebentar lagi akan dihentikan karena hari mulai gelap,” ujar Herman.

Pencarian Korban Dilanjutkan Besok

Tim SAR gabungan dari TNI AL berhasil menemukan 15 jenazah penumpang pesawat Merpati MA 60 yang jatuh di Selat Kaimana, Papua Barat, Sabtu (7/5) siang.

Dalam penyisiran berikutnya, tim baru menemukan satu potongan tangan perempuan yang diduga anggota tubuh salah satu penumpang Merpati. Karena hari mulai gelap pencarian pun dihentikan sementara.

“Kecuali jika ada kapal dengan perlengkapan elektronik memadai kami bisa lanjutkan sedikit lagi hari ini. Bila tidak ada kami lanjutkan besok. Ini status kapal semua masih berlayar menyisir laut, masih di lokasi,” ujar anggota Tim SAR Herman Gunawan, Sabtu (7/5/2011). ANTARA News, okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar