Laman

HARTATI DIDUGA MENYUAP UNTUK JEGAL BISNIS ANAK AYIN *** DUA ANAK BUAH HARTATI MURDAYA TERANCAM LIMA TAHUN PENJARA *** ATURAN RSBI HARUS LEBIH RASIONAL DAN REALISTIS *** WASPADA, BANYAK JAMU DICAMPUR BAHAN KIMIA OBAT! *** BNPT: 86 % MAHASISWA DI 5 UNIVERSITAS TENAR DI JAWA TOLAK PANCASILA *** BNPB ALOKASIKAN RP80 MILIAR UNTUK PENANGGULANGAN KEKERINGAN ***

Selasa, 13 Juli 2010

Tak Jawab 26 Pertanyaan, Yusril Dibiarkan Pulang


JAKARTA,ReALITA Online — Tersangka kasus korupsi Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum), Yusril Ihza Mahendra, telah menjalani pemeriksaan selama empat jam. Namun, Yusril yang disodori 32 pertanyaan itu tidak menjawab semua pertanyaan.

Mantan Menteri Hukum dan HAM itu mengaku hanya bersedia menjawab enam pertanyaan terkait data dirinya. Sementara, 26 pertanyaan lagi ia abaikan.
Mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu bersedia menjawab pertanyaan yang sifatnya substansial dengan syarat status legalitas jabatan Hendarman Supandji sebagai jaksa agung sudah jelas.

Dia berjanji menjawab pertanyaan penyidik setelah ada putusan Mahkamah Konstitusi atas uji materi Undang-Undang Kejaksaan yang dia ajukan terkait legalitas Hendarman.
Meskipun melewatkan 26 pertanyaan substantif tersebut, penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsu) Kejaksaan Agung membiarkan Yusril melenggang keluar meninggalkan gedung bundar dengan senyuman.

Yusril yang tiba sejak pukul 10.30 WIB dipersilakan pulang pada pukul 14.50 WIB dengan mengendarai mobil Volvo warna hitam bernomor polisi B 1645 ES.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Didiek Darmanto mengatakan, penyidik sengaja belum memutuskan untuk melakukan tindakan penahanan kepada Yusril. Pertimbangannya, penyidik menganggap Yusril masih kooperatif, meskipun dia tidak mau menjawab pertanyaan penyidik. "Penyidik masih mempertimbangkan karena Pak Yusril masih kooperatif," kata Didiek di Jakarta, Senin (1/7).

Ketika ditanya wartawan, apakah Kejagung belum menahan Yusril terkait dengan status Hendarman yang sedang digugat? "Tidak ada kaitannya," buru-buru membantahnya.

Mengapa melepaskan Yusril yang tidak menjawab pertanyaan penyidik? “Hal itu terserah pada Yusril. Sikap bungkam itu justru merugikan Yusril sebagai tersangka. Jawab dan tidak itu urusan yang bersangkutan. Malah rugi sendiri karena dalam BAP itu ada keterangan tersangka, surat, dan berkas yang bisa meringankan. Kalau tidak mau kita hanya menggunakan keterangan yang memberatkan saja," jelasnya (umi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar